6 alasan usaha sewa mobil pamulang gagal berkembang

Sewa mobil pamulang – tak asing lagi jika anda berkunjung ke suatu daerah dan mencari perusahaan rental mobil yang menawarkan jasa sewa mobilnya lewat media offline dan online seperti yang banyak di gandrungi seperti sekarang ini. anda sebagai pengguna jasa di mudahkan dengan promosi mereka, tidak seperti jaman dahulu yang membuat kita kebingungan saat berkunjung ke suatu tempat di luar kota sana. di sisi lain usaha rental atau sewa mobil ini bisa gagal tidak berkembang jika pengelolanya tidak mematuhi hal – hal seperti di bawah ini :

  • TIDAK MEMASANG GPS

Keamanan kendaraan anda adalah hal yang paling penting, karena kendaraan adalah sumber pendapatan anda. Kalau kendaraan anda hilang berarti pendapatan anda juga hilang. Salah satu cara mengamankan kendaraan anda adalah menggunakan GPS. GPS adalah alat untuk melaporkan lokasi kendaraan anda. Jika anda kehilangan kendaraan anda, anda bisa mengecek melalui sms atau sistem gps untuk melihat lokasi kendaraan anda. Harga sebuah gps sendiri bermacam-macam mulai dari 750 ribu hingga 2 juta. Pasang GPS di tempat tersembunyi dan sangat dianjurkan untuk mencari montir yang berpengalaman memasang GPS. Anda bisa memasang lebih dari 1 alat GPS bila dirasa perlu.

  • TIDAK VERIFIKASI IDENTITAS PENYEWA

Tidak semua penyewa kendaraan punya itikad baik. Anda harus sangat berhati-hati dalam menyewakan kendaraan anda. Beberapa dokumen yang harus di verifikasi adalah KTP, SIM, dan dokumen pendukung seperti kartu BPJS, akun sosial media dll. Lebih baik lagi kalau anda bisa menahan salah satu dokumen selama masa sewa. Jika anda menyewakan kendaraan roda 2, anda tidak dianjurkan untuk menyewakan kepada orang setempat. Sangat sering terjadi kendaran-kendaraan ini di gadaikan kepada penadah setempat.

Untuk kendaraan roda 4, anda harus melakukan verifikasi tempat tinggal penyewa dan peruntukan sewa kendaraan tersebut. Bahkan penyewa dari luar kota pun tidak menjamin keamanan, salah satu tips untuk melakukan verifikasi untuk penyewa dari luar kota adalah meminta penyewaan hotel atau tiket pergi dan pulang penyewa.

  • TIDAK ADA CADANGAN DANA

Banyak kejadian tidak terduga di dalam menjalankan usaha rental mobil kendaraan, Anda wajib menyiapkan dana cadangan untuk menangani kejadian-kejadian tidak terduga ini. Salah satu biaya yang dipandang sebelah mata oleh para pengusaha rental adalah biaya service kendaraan seperti ganti oli, perawatan ban, dan lain-lain. Alangkah baik nya menyisihkan 5-10% dari pendapatan untuk biaya-biaya ini. Kesalahan lain yang sering dilakukan para pengusaha rental adalah menunda jadwal service kendaraan. Penundaan ini berakibat fatal karena kondisi kendaraan akan terus menurun dan akhirnya sampai di titik kerusakan yang fatal sehingga biaya perbaikannya jauh lebih besar.

Baca juga : rental mobil ciputat yang bisa lepas kunci 

sewa mobil pamulang

  • TIDAK MEMBELI ASURANSI

Menyambung paragraf sebelumnya mengenai kejadian tidak terduga, salah satu faktor penting untuk mengurangi resiko adalah asuransi kendaraan. Kita tidak pernah tahu riwayat dan perilaku penyewa dalam mengemudi. Sering terjadi kasus tabrakan atau pencurian selama masa sewa. Asuransi kendaraan bisa melindungi anda dari resiko-resiko tersebut. Asuransi kendaraan pada umumnya ada 2 jenis, yang pertama ALL-RISK dan yang kedua TOTAL LOSS. ALL-RISK melindungi kendaraan anda dari semua jenis kejadian umum seperti tabrakan & pencurian.

Perlu dicatat ada beberapa kejadian seperti huru-hara, bencana alam,atau banjir yang tidak termasuk dalam polis ALL-RISK. Kemudian untuk asuransi TOTAL LOSS hanya melindungi anda dari kehilangan kendaraan saja. Satu poin penting lagi adalah asuransi pribadi kendaraan anda tidak melindungi kendaraan anda jika anda menyewakan kendaraan ini pada orang lain. Untuk itu anda harus menggunakan asuransi komersil dimana asuransi khusus untuk usaha sewa menyewa kendaraan.

  • TIDAK MEMAKAI SISTEM PEMBUKUAN

Sistem pembukuan yang baik adalah kunci dari kesuksesan setiap usaha. Sering kali banyak pengusaha rental mobil melupakan hal ini karena terlalu sibuk mengembangkan usahanya. Beberapa hal yang penting untuk dicatat di dalam sistem pembukuan adalah daftar kendaraan, daftar pesanan penyewa, dan daftar penyewa. Anda bisa mencoba salah satu sistem pembukuan usaha rental yang banyak di jual atau di sewakan di online sana. mereka banyak memiliki modul yang lengkap untuk mendukung usaha rental anda dan sudah teruji lebih dari puluhan rental yang terdaftar. Jangan anggap remeh aspek pembukuan meskipun usaha rental anda baru dimulai. Bentuk kebiasaan pembukuan yang rapih agar terhindar dari kegagalan.

  • TERLALU CEPAT EKSPANSI DENGAN KREDIT

Pasar sewa menyewa kendaraan di Indonesia bertumbuh sangat cepat dan masih banyak permintaan yang belum terpenuhi. Salah satu penyebab pertumbuhan ini adalah dukungan pemerintah di bidang pariwisata. 5 tahun ke depan akan menjadi prospek yang sangat cerah bagi para pengusaha rental. Prediksi ini sering kali membuat banyak pengusaha rental menjadi percaya diri dan menggebu-gebu dalam menambah armada sewanya. Ekspansi ini pun sering menggunakan layanan kredit kendaraan untuk memaksimalkan modal.

Meskipun tidak salah menggunakan kredit sebagai alat untuk mendukung pengembangan usaha rental, ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu angsuran kendaraan anda adalah fix sedangkan pendapatan rental anda mungkin fluktuatif. Anda perlu memperhitungkan fluktuatif pendapatan anda sebelum mengajukan kredit kendaraan. Kejadian Corona di tahun 2020 adalah salah satu contoh ekstrim bahwa pendapatan di bidang pariwisata bisa turun dalam sekejap. untuk itu anda perlu mensiasatinya dengan berbagai cara mungkin salah satunya adalah dengan bekerjasama dengan finance yg mempunyai akad kredit syariah, atau lebih aman lagi dengan membelinya secara cash . sumber : amran.asia

Leman adalah perusahaan jasa sewa mobil yang berdomisili di tangerang selatan, menyewakan banyak mobil 7 seater, mulai dari avanza, innova, fortuner, alphard, elf dan hiace . Hubungi kami di 0812 8294 3137

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *